Kamis, 21 Februari 2019

KEAMANAN KOMPUTER





Pengertian Keamanan Komputer





serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.
Keamanan Komputer
Menurut John D.Howard dalam bukunya “An Analysis of Security Incidents on The Internet” menyatakan bahwa keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

Adapun yang menjadi penyebab rusaknya komputer yaitu :
1. Dari sisi binatang ada :
    • Tikus : adalah binatang pengerat sekaligus hewan pemakan segala yang kerap merusak barang-barang disekitar kita, apapun yang ia temui pasti akan dia makan.
    • Semut : binatang kecil yang satu ini harus di waspadai karena tubuhnya yang kecil ia mudah memasuki celah-celah komputer yang terkecil sekalipun.
    • Kecoa : binatang yang satu ini juga harus dihindari karena keberadaannya dapat merusak ataupun mengotori barang-barang disekitar kita.
    • dan masih banyak binatang lainnya yang dapat merusak barang-barang kita termasuk peralatan komputer dll.


  • Untuk menghindari binatang tersebut merusak komputer anda :
  1. Jauhkan komputer dari kemungkinan adanya binatang tersebut
  2. Hindari memakan sesuatu berdekatan dengan komputer, karena dikhawatirkan sisa makanan dapat mengundang binatang tersebut.
  3. Anda dapat menggunakan silica gel, dan letakkan di tempat yang memungkinkan didatangi binatang tersebut.
2. Dari sisi cuaca yaitu :
    • Hujan : dapat membuat udara dan suhu ruangan menjadi lembab, dan dapat menimbulkan jamur atau lumut yang dapat merusak komputer.
    • Petir : hal yang satu ini sangat berbahaya, karena petir biasanya menyambar ke sesuatu yang tinggi seperti pohon, dan gedung-gedung tinggi lainnya.
    • Angin : dapat membawa debu-debu yang dapat menempel pada komputer dan komponen lainnya, yang dapat menyebabkan kerusakan pada masin komputer.


  • Untuk menghindarinya kita dapat :
  1. Menggunakan stabilizer : alat yang dapat melindungi komputer dari kekurangan dan kelebihan daya listrik, sehingga dapat menstabilkan tegangan listrik yang digunakan komputer.
  2. Menggunakan UPS (Uninterrupttible Power Supply) : alat yang mampu menyimpan listrik sehingga dapat menyediakan listrik untuk komputer pada saat listrik mati. Komputer akan tetap hidup selama kurang lebih 30menit. Dengan begitu Anda dapat menyelesaikan pekerjaan yang belum terselesaikan dan dapat menyimpan data tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
  1. Hasibuan, Muhammad Sidik 2016, 'KEYLOGER PADA ASPEK KEAMANAN KOMPUTER', Jurnal Teknovasi, vol. 3, no. 1, hh. 8-15.
  2. Com, J, 2011, Buku Pintar Komputer dari Nol hingga Mahir, Yogyakarta, Penerbit Multicom.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRIPTOGRAFI

Pengertian Kriptografi Secara etimologi kata kriptografi ( Cryptography ) berasal dari bahasa Yunani, yaitu kryptos yang artinya yang te...