Kamis, 21 Maret 2019

VPN

Pengertian VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah teknologi komunikasi yang menggunakan koneksi private (pribadi) yang dapat terhubung ke sebuah jaringan publik.

FUNGSI VPN

1. Dapat Menjaga Data Tetap Utuh (Data Integrity)

2. Terhubung Dengan Rahasia (Confidentially)

3. Pemeriksaan Sumber (Origin Authentication) 


Cara Kerja VPN

Seperti inilah setidaknya cara kerja teknologi VPN:
  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai pengubung antar PC, Server VPN. Dan hal ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router.
  • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol-protokol inilah yang membantu jaringan VPN untuk memproses autentikasi.
  • VPN Klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi jalur akses terhadap jaringan.
  • VPN menggunakan teknologi enkripsi yang mana akan meningkatkan fitur keamanan. 

Manfaat Menggunakan VPN

  1. Remote Access
Dengan fitur ini, maka anda dapat mengakses komputer maupun jaringan kantor dari mana saja. Asalkan anda masih terhubung ke jaringan internet.
  1. Keamanan
Hebatnya dengan menggunakan VPN, rasanya anda bisa mengakses apa saja yang ada di internet tanpa diketahui oleh orang lain.
  1. Menghemat Biaya Setup Jaringan
Menggunakan VPN merupakan salah satu cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang tentunya lebih rendah daripada anda memasang setup jaringan sendiri. Sebab, jaringan VPN menggunakan transmisi data yang sudah ada tentunya hal ini mengartikan anda tidak perlu lagi membangun jaringan sendiri.
  1. dll

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Kelebihan VPN

  • VPN merupakan solusi efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus. Dengan VPN Maka biaya pasang jaringan akan terminimkan
  • Data-data pastinya akan terjamin keamanannya

Kekurangan VPN

  • Karena VPN menggunakan jaringan publik, maka tentunya kita harus lebih ekstra perhatian terhadap keamanan jaringan itu. Siapa tahu, kemudian hal-hal yang tidak diinginkan terjadi; seperti halnya penyadapan, hacking dan tindakan merugikan lainnya yang menyerang jaringan VPN kita. Hal tersebut tentunya akan berdampak besar terhadap jaringan VPN dan khususnya data-data rahasia organisasi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRIPTOGRAFI

Pengertian Kriptografi Secara etimologi kata kriptografi ( Cryptography ) berasal dari bahasa Yunani, yaitu kryptos yang artinya yang te...